Yeferson Soteldo: Penerus Pele di Santos dan Harapan Venezuela

Lain-lain

Sepak bola bukanlah olahraga paling populer di Venezuela. Mengutip dari web Bola terpercaya negeri yang sempat mengalami inflasi parah dalam beberapa tahun terakhir ini tetap ingin lolos ke Piala Dunia.

Namun, sepak bola mereka berkembang pesat, dua kali lolos ke perempat final Copa America (2007 dan 2016) dan, yang terbaru, tentu saja, penampilan yang mengesankan di Piala Dunia U-20. 2017. Venezuela berada di posisi kedua. di level turnamen.

Salah satu dari sekian banyak eks pemain Piala Dunia U20 yang berhasil masuk ke tim utama Venezuela adalah Yeferson Soteldo. Pemain yang berposisi sebagai winger tersebut saat ini membela klub legendaris Brazil, Santos.

Soteldo malah mengenakan jersey legendaris di Santos, nomor 10 yang sebelumnya dikenakan oleh Perbendaharaan Nasional Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pelé. Harapan Venezuela lolos ke Piala Dunia pertama kali secara tidak langsung didukung oleh Soteldo.

Ketinggian adalah hal pertama yang akan menarik perhatian Anda saat menyaksikan Soteldo di lapangan. Jika mencari perbandingan, striker Napoli Lorenzo Insigne (163 cm) adalah sosok yang sangat mirip dengan Soteldo. Namun, Insigne juga sedikit lebih tinggi (3 cm). Padahal, saat masih berlaga di Piala Dunia U20 2017, tinggi Soteldo masih 158 cm. Ia mendapat julukan Manzanita atau bisa diartikan sebagai The Little Apple.

Dengan tubuhnya yang kecil, kecepatan adalah ciri terkuat Soteldo. Kakinya juga lincah membawa bola dan hampir selalu unggul dalam pertarungan satu lawan satu. Tetapi mantan manajer Venezuela U-20 Rafael Dudamel juga melatihnya untuk terbiasa bermain di antara keduanya, mengasah visinya untuk bermain untuk kebutuhan kolektif.

Musim panas lalu, beberapa klub Eropa seperti Tottenham Hotspur dan Real Madrid melakukan tur ke Soteldo. Belum lagi klub MLS Atlanta United juga menawarkan € 17 juta. Namun, presiden Santos Jose Carlo Peres bersikeras bahwa Soteldo hanya akan dibebaskan jika penawar menyerahkan € 50 juta.

Dalam wawancara eksklusifnya dengan Daniel Kuschel dari Latercera, Soteldo mengaku belum siap bermain di Eropa. Mungkin keputusan Soteldo benar. Banyak pemain Amerika Selatan yang memutuskan pergi ke Eropa hanya untuk mencari nafkah.

Tak ada salahnya dengan semua keputusan tersebut, puas dengan pengembangan bakat sambil menunggu waktu yang tepat untuk pindah ke Eropa, atau segera meninggalkan dan mengembangkan bakat di benua lain. Yang pasti, pemain kelahiran Acarigua, daerah kurang beruntung di dekat Caracas, berhutang budi pada sepak bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *