Manfaat dan Cara Aman Memijat Bayi

Kesehatan

Kegiatan pijatan bayi memiliki sejumlah keunggulan. Sapuan lembut yang diberikan orang tua memastikan bahwa anak Anda merasa dicintai dan nyaman. Selain itu, ikatan emosional akan terbentuk antara Anda dan anak Anda ketika aktivitas dilakukan.

Satu studi menunjukkan bahwa kegiatan memijat bayi dapat menyebabkan keadaan santai pada bayi, yang juga meningkatkan kualitas tidur anak Anda.

Dalam artikelnya, Healthline juga menyebutkan beberapa manfaat pijat bayi termasuk membantu merangsang sirkulasi darah saat bernafas dan pencernaan. Selain itu, pijatan dapat membantu meringankan beberapa masalah bayi Anda, seperti kembung, kram, sakit perut, atau sembelit.

Pijat pada bayi juga bisa membantu meredakan ketegangan otot, mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan gigi serta merangsang pertumbuhan bayi prematur.

Tetapi perlu diingat bahwa orang tua masih perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk memijatnya, terutama jika bayinya sakit.

Karena bayi lahir dan dibawa pulang, bayi bisa dipijat. Namun, tidak disarankan untuk mengoleskan minyak atau lotion terlebih dahulu ke kulit bayi. Beberapa ahli merujuk pada artikel di halaman Baby Center dan merekomendasikan Anda menunggu antara 10-14 hari untuk bayi Anda dipijat dengan minyak.

Bayi baru lahir memiliki pelindung kulit yang belum sepenuhnya berkembang. Mengoleskan minyak mengandung risiko terhadap kondisi kulit bayi karena kulit cenderung mengering atau bereaksi terhadap zat-zat dalam minyak.

Selain itu, saat ini dapat menyebabkan tali pusat bayi mengering dan jatuh. Secara umum, dibutuhkan antara 5 dan 15 hari untuk tali pusat dilepaskan. Minyak yang dioleskan meningkatkan risiko infeksi tali pusat, yang tidak terpisah.

Ketika Anda memutuskan untuk memijat bayi Anda, lihat suasana hati anak Anda. Jangan paksa bayi memijat jika bayi merasa tidak nyaman. Apalagi, jangan memberi pijatan setelah menyusui bayi. Mayo Clinic merekomendasikan untuk menunggu sekitar 45 menit setelah anak Anda makan untuk mencegah muntah.

Banyak orang tua memijat anak-anak mereka setiap hari selama tahun pertama. Mereka terus melakukan ini sampai bayi berusia sekitar 5 tahun. Tidak ada batasan untuk menghentikan pijatan. Anda dapat terus melakukan ini dengan melihat respons yang telah diberikan anak.

Ketika anak-anak lebih besar, orang tua dapat mengajar mereka untuk memijat diri mereka sendiri. Ini mungkin tidak sama dengan pijatan yang Anda berikan, tetapi ini dapat direkomendasikan sebagai salah satu dari serangkaian mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *